Kritik dan saran silahkan disini

POS MILITER AMERIKA YANG STRATEGIS DI TENGAH LAUT DENGAN ARMADA PERANG SUPER CANGGIH

Diego Garcia adalah suatu gugusan kepulauan karang (atol) di Samudera Hindia, terletak sangat strategis untuk mengawasi lalu lintas kapal di Samudera Hindia meliputi kawasan Asia Tengah, Timur Tengah dan pantai Barat Afrika. 

Letaknya kurang lebih sekitar 1600 km atau 1000 mil dari sebelah selatan pesisir India, dan negara terdekat pualu ini adalh Sri langka, dan Maladewa., pulau ini memiliki panjang 60 km , dengan di tumbuhi tanaman tropis yang lebat .


Kecuali letaknya yang memiliki titik strategis secara militer, Diego Garcia adalah kepulauan yang kecil dan tandus produksi pangan , jauh dari kepualaun yang lain sehingga seluruh kebutuhan kehidupan harus dipasok dari luar.
 

 Peralatan tempur Amerika terlihat di parkir disana, termasuk juga kapal-kapal besar seperti kapal Induk yang memiliki  ribuan prajurit didalamnya dan berperalatan perang yang canggih . yang siap menyerang negara manapun serta  menagkis serangan dari luar.


Sebagai tempat singgah kapal perang Armada ke-6 AL AS, Diego Garcia adalah tempat penimbunan logistik pendukung Armada baik bagi kapal (perawatan) maupun awak kapalnya untuk rest and recreation 


Bentuk bangunannya sangat fungsional seperti bentuk barak militer namun dengan kelengkapan yang mewah dilengkapi kelab malam dan toko kebutuhan prajurit serba ada (Army Navy PX). Tenaga-tenaga sipil yang dipekerjakan selain warga negara Amerika, sebagian besar berasal dari Filipina sehingga Diego Garcia dapat berfungsi dengan sangat nyaman bagi para awak yang mendarat.

Amerika adalah negara yang jauh  dari Asia kususnya Indonesia, tapi mengapa ketika ada masalah atau mereka ingin membatu negara-negar diAsia begitu cepat datangnya, jawabannya sebenarnya cukup mudah, karena Amerika memiliki pos-pos militer yang strategis, contohnya di Diego Garcia.  

Lokasi yang setrategis diantara negara-negara yang lainnya, dan dengan keamanan yang super canggih, dan jarak tempuk yang cukup jauh di tengah lautan , membuat pos militer Amerika ini , menjadi basis kekuatan untuk melakukan infasi atau memberikan bantuan-bantuan negara Asia dan Timur Tengah.


Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 10:27:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×