Kritik dan saran silahkan disini

CARA MEMBLOKIR SITUS ATAU WEBSITE BERBAHAYA UNTUK ANAK DENGAN DNS DI KOMPUTER

Banyak situs yang di blokir , apa lagi situs-situs yang menampilkan informasi yang tidak baik , misalnya film dan gambar yang dilarang oleh pemerintah.

Dunia internet adalah media yang bebes tanpa batas, ada banyak Informasi yang tentunya  akan berbahaya bila  diterima oleh anak-anak , tentunya  berdampak negatif dengan perkembangan otak mereka.

Jutaan web beredar dan bisa di akses diseluruh penjuru dunia, ada yang baik ada pula yang tidak baik.
pemerintah sudah berusaha mengantisipasinya dengan memblokir itu terlihat dengan tidak bisa diaksesnya situs-situs yang tergolong berbahaya.

Apa manfaat dari pemblokiran situs tertentu, bagi sebagian orang mungkin sudah pahan dampak positif dari pemblokiran situs tertentu. selain dapat merusak mental generasi , ternyata sebagian web yang diblokir , bila kita mengaksesnya akan berbahaya bagi komputer kita, situs berbahaya akan menyebarkan firus pada komputer kita baik itu virus malware atau spayware

Yang lebih berbahaya lagi bila situs negatif itu terakses dirumah kita, bisanya para orang tua yang bergelut dalam pkerjaan saat ini , internet sudah menjadi kebutuhan pokok , sehingga laptop dan komputer dirumah mereka dapat digunakan untuk mengakses internet. bila komputer atayu laptop yang tersambung di internet di gunakan anak-anak , tentunya sangat berbahaya , sehingga kita perlu meblokirnya .

Bagaimana cara menutup situs tertentu ,tapi yang perlu kita pahami adalah setiap kali  satu web diblokir , akan muncul situ-situs berbahaya lainnya yang mencul dengan nama yang lain namun dengan konten dan isi yang sama persis.kita dapat menutup tau blcklist situs dengan menuliskan pengaturan situs di browser kita, namun pekerjaan itu tidaklah mudah karena ada jutaan situs yang beredar.

Memblokir situs berbahaya dengan DNS Nawala
Bagi yang tidak paham  DNS adalah kepanjangan dari Domain Name System , yang memeiliki arti sebuah sistem yang menyimpan informasi nama host atau domain dalam bentuk basis data tersebar didalam jaringan internet. Namun bagi yang tidak paham DNS , kita bisa menganggap DNS itu adalah terminal , dapat digunakan untuk parkir , bila kita akan pergi ke suatu tempat, dan di setiap terminal memiliki aturan berbeda beda dalam menentukan aturan kepada setiap pengguna yang akan lewat. sehingga kita harus benar-benar paham DNS apa yang harus kita pakai agar kita aman, namun sebaik-baik terminal dengan aturan yang di terapkan tentunya masih ada celah untuk melaluinya . dengan perumpamaan sistem , orang adalah websitenya , penyedia layanan internet atau ISP adalah mobilnya dan dns adalah terminalnya yang akan menyortir orang berdasarkan nama per orang.

Nawala memiliki nomor DNS : 180.131.144.144 dan 180.131.145.145 , DNS nawala berfungsi melakukan penepisan terhadap situs yang berkandungan negatif , dan juga situs situs yang berbahaya , seperti situs penipuan , malware dan phising , dan situs yang melanggar peraturan perundangan.

Bagai mana cara memasang DNS nawala di komputer kita  
START----- Control Panel-----Network Conections -----Local Area Connection
klik kanan --Properties --- Internet Protocol ( TC/IP )-----Use  the following IP address
seperti gambar di bawah ini , kemudian masuukan IP DNS nawala seperti dalam gambar kemudian Klik OK





tapi tanpa menggunakan dns nawalapun kadang ada sebagian situs  sudah diblokir, dengan membuka situs negatif misalnya , maka akan muncul web seperti dibawah ini .Internet Positif

 Namun ada baiknya pendampingan orang tua adalah cara yang baik bila anak ingin bermain dengan komputer yang terhubung dengan internet,  atau matikan koneksi internet setiap kali kita meninggalkan rumah, jadwalkan kepada anak menggunakan internet bila kita ada waktu untuk mendampinginya.

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 12:23:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×