Kritik dan saran silahkan disini

BERAPA PERBANDINGAN UKURAN BUMI , MATAHARI SERTA BINTANG YANG BERTEBARAN DI ANGKASA

Planet, banyak orang yang membicarakan tentang planet , seperti halnya Bumi dan Mars yang sering disebut-sebut oleh banyak orang , Saat ini ada misi antariksawan untuk menuju kesana ,  penelitianpun gencar dilakukan oleh para ahli didunia.
Bicara mengenai planet ,akan terbayangkan tentang bintang yang bersinar diangkasa , kecil bersinar seperti permata, namun harus  disadari bahwa jarak bintang yang kita lihat sangatlah jauh, jutaan bahkan milyaran kilometer  ,Untuk menuju ke planet Mars planet terdekat dengan bumi ternyata memerlukan  waktu bertahun-tahun , bagai mana bila kita pergi ke bintang yang lebih jauh.

Bumi yang kita tempati menurut fikiran kita yang begitu besar dan luas dengan keliling kurang lebih 40.000 Km , diisi dengan pulau dan lautan , kadang membuat kita terlena, bahwasanya bumi ini adalah salah satu planet  ciptaan tuhan dari jutaan planet yang ada di tata surya kita.

Bumi yang merupakan salah satu planet dalam galaxi bima sakti , yang berotasi dan berevolusi , diikuti planet-palnet yang lainnya , mengorbit berputar , bergerak seolah dikendalikan tanpa bertabrakan dan terlihat  seperti memiliki jalannya sendiri untuk bergerak.

Sebelum menuju besaran bumi  dibanding dengan bintang yang jauh , kita bandingkan dulu bumi dengan planet tetangga , yaitu Mars , Venus, Mercurius, seperti berikut perbandingan gambarnya :

gambar di atas memperlihatkan bumi lebih besar dibanding tetangga planet terdekat lainnya ,   bumi terlihat mempesona dibanding planet yang lainnya, biru dengan lautnya dan hijau terang untuk daratan yang penuh dengan pepohonan.

Namun jika kita melihat ukuran bumi yang memiliki keliling 40 ribu km dan  dibanding dengan Matahari yang memiliki keliling 1.391.980 Km , kita bisa membayangkan begitu kecilnya bumi kita di banding matahari, dan apabila bumi digunakan untuk mengisi volume matahari maka memerlukan bumi sebanyak 1,3 juta  planet sejenis dengan bumi.


seperti dalam gambar , itulah posisi bumi di antara deretan planet lainnya  dan juga matahari merah api  yang begitu besar dan luas.


Bila di sejajarkan dengan posisi urutan planet dari yang terdekat dengan matahari , dapat dilihat diatas seberapa besarkah bumi yang kita tempati, bila terjadi kesalahan dalam orbitnya an ahirnya bumi tertarik oleh gaya gravitasi matahari , apa yang akan terjadi dengan kita. manusia sebagai mahluk yang kecil diantara yang  kecil ,  bila dibandingkan dengan besarnya Matahari dan palnet lainnya.

Bila melihat dengan sesakma gambar diatas , suhu matahari yang begitu panas, apabila bumi tidak terlindungi dengan lapisan-lapisan atmosfir kita, apa yang akan terjadi  dengan bumi , tapi bila di ukur dengan perbandingan besar dan kecilnya Bumi terhadap matahari , kondisi itu sangatlah mengagumkan,
kita bisa menyamakannya bila kita berdiri 5 meter dari rumah yang terbakar atau kita bisa menaruh jagung mentah dengan jarak 10 cm dibibir kompor gas yang sedang menyala  , apa yang akan terjadi. tentunya semua akan terpanggang , dengan suhu yang begitu panas.

Kita kembali Ke posisi Bumi, bila kita berfikir tentang bumi , ternyata bumi tidak ada apa-apanya dibanding matahari berdasarkan ukuran dan volumenya, bagai mana dengan matahari , apakah matahari menjadi yang terbesar di alam semesta ini, ternyata ada yang lebih besar lagi , diantaranya adalah bintang ARCTURUS , POLLUX DAN SIRIUS, seperti dibawah ini perbandingan gambarnya :


Matahari hanya terlihat kecil dan itulah kenyataannya, dengan demikian apa yang terjadi dengan bumi, planet kita tercinta ini. bumi sangatlah kecil dibanding bintang-bintang tersebut , 
sungguh menakjubkan dan jujur saya merinding membanyangkan perbandingan itu, padahal ditata surya kita ada jutaan planet dan bintang yang bertebaran  .

Mungkin dengan bintang arcturus sudah usai perbandingan besaran bumi terhadap matahari, namun ternyata tidak demikian , ada yang lebih besar lagi selain bintang arcturus 


Bagaimana dengan gambar diatas , arcturus sangat besar ukurannya , namun ternyata ada yang lebih besar lagi yaitu BETELGEUSE kemudian terbesar lagi adalah bintang  ANTARES .
Matahari terlihat sangat kecil , bagai mana dengan bumi kita .

dengan demikian ,ternyata banyak  planet dan bintang yang mengisi sistem jagad raya tata surya , termasuk besarnya bintang antares yang kita lihat dan tentunya ada banyak lagi yang lebih  besar dibanding bintang antares yang kita lihat. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda kekuasaan  Tuhan bagi kaum yang berfikir.

Besarnya  bumi dianggap kecil oleh  matahri , besarnya mataharipun dianggap kecil oleh  bintang antares, dan besarnya antares serta bintang lainnya, ada yang menganggap kecil ,tentunya oleh sang penciptanya, yang mengatur orbit dan posisi mereka.
bagaimana dengan posisi manusia. , semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 8:19:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×