Kritik dan saran silahkan disini

CARA AGAR KOMPUTER DAN PERALATAN ELEKTRONIK LAINNYA TIDAK CEPAT RUSAK

Peralatan elektronik  saat ini sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari -hari . baik di rumah atau dikantor elektronik sudah menjadi hal yang wajar dan umum digunakan.

namun kekurang tahuan orang awam tentang peralatan elektronik agar awet dan aman digunakan , terkadang dihiraukan oleh para pemakainnya. terutama masalah penempatan dan hubungan terhadap tegangan listrik.
masalah penempatan yang kurang pas misalkan, di tempat yang lembab atau basah , itu sangat membahayakan, karena cika komponen lembab bisa saja piranti didalamnya konslet , dan bila lokasi disekitarnya basah itu sangat berbahaya ,karena jika terjadi kebocoran aliran listrik ,bisa menyebkan orang yang berada disekitar itu akan terkena sengatan listrik. tegangan listrik yang tidak setabil , bisa saja menyebabkan kerusakan peralatan elektronik rumah yang memanfaatkan sumber energi langsung dari listrik,

 posisi pengambilan daya listrik terkadang kurang diperhitungkan oleh sebagian besar orang, misalkan peralatan yang harus disuplai dengan tengan listrik yang besar , tentu saja harus menggunakan kabel yang besar dan baik, dan terhubungkan jaringan inti atau yang tersambung langsung kekabel pusat ,biasanya itu sudah disediakan oleh pemasang jaringan PLN




jangan ada banyak sambungan atau terhubung dengan beberapa stop kontak ,apalagi  bila stop kontak longar atau kabel yang terlalu kecil,hal itu dapat pula menyebabkan tegangan tidak stabil dan dapat mempercepat kerusakan barang elektronik , 
dan  karena longgarnya sambungan dapat menimbulkan panas, dan itupu bila kabel yang kecil jika tidak mampu untuk menampung beban arus yang besar ,kabel dapat terbakar dan akhirnya menimbulkan kebakaran.

untuk peralatan yang sejenis dengan komputer ,tentu saja sangat rentan terhadapa tegangan listri, karena membutuhkan suplay tegangan listrik yang harus stabil, Menggunakan UPS Dan stabilizer untuk menghindari terjadinya turun naiknya tegangan listrik yang mensuplay peralatan elektronik kita.
banyak di pasaran dijual UPS dan Stabilizer dengan harga yang bervareasi .

Contoh gambar UPS


Contoh Stabilizer 



karena dengan UPS dan stabilizer Mempunyai fungsi yang hampir sama , cuma saja UPS didalamnya terdapat Batree yang mampu menyimpan arus listrik  ,sehingga ketika tegangan listrik turun ups akan menstabilkan tengan dengan arus listrik yang disimpan ,dan bila tegangan listrik naik ups akan menahan tegangan listrik agar tetap stabil.





Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 6:46:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×