Kritik dan saran silahkan disini

KERAJINAN RUMAHAN MEBEL PINTU DAN JENDELA BAHAN KAYU DENGAN HARGA MURAH

Bila kita melihat perumahan di indonesia bahkan didunia pasti ada bahan kayu yang melengkapinya, baik itu rangka rumah, pintu ,jendela dan perabotan pelengkap lainnya.
dengan kayu tentu  akan membentuk rumah menjadi lebih unik dan lebih enak jika dilihat. sejak jaman dulu indonesia banyak menhasilkan kayu berkualitas  baik, bahkan dari  jaman penjajahan ,  kayu jati kususnya,  banyak sekali di ambil oleh para penjajah, tentu saja kayu jati dengan kualitas nomor satu dengan umur pohon yang sudah ratusan tahun. pohon jati  di jadikan bahan olahan minimal berumur 15 tahun  itupun menghasilkan produksi dengan kualitas biasa. karena waktu tumbuh yang cukup lama itulah, lama-lama setok kayu jati dengan kualitas baik  sudah mulai habis dan susah didapatkan, kalaupun ada harganya cukup fantastis, paska reformasi 2008 karena kondisi keamanan negara belum setabil banyak terjadi pembalakan liar besar-besaran di jawa, kususnya kayu jati , membuat ribuan hektar  tanaman jati habis, dan tanpa ada peremajaan kembali tanaman jati tersebut , kalau kita melihat banyak sekali lahan yang dulunya berdiri kayu jati yang berumur puluhan bahkan ada yang ratusan tahun sekarang menjadi hamparan luas semak belukar namun sekarang sudah mulai nampak tanaman muda yang sudah mulai tubuh di beberapa tempat.


dengan sulit  dan mahalnya bahan kayu jati, sehingga banyak orang memanfaatkan kayu lain untuk dijadikan bahan mebel, namun juga tidak menghilangkan nilai kelasik dari kayu tersebut.

banyak home indutri yang tetap exsis dengan bahan kayu walaupun hanya menjual hasil karyanya dipasaran lokal, karena untuk dapat membuat produk kualitas expor memerlukan bahan yang berkualitas bagus.

oleh para pengkrajin bahan mebel dengan berbagai jenis kayu tetap dikerjakan dengan baik dan berkualitas , untuk memenuhi kebutuhan masyarakat apalagi untuk memenuhi kebutuhan mebel dan kayu untuk perumahan  kusunya menegah kebawah , banyak sekali membutuhkan bahan olehan kayu diantaranya kusen , pintu , jendela dan rangka atap.

di beberapa daerah para pengkrajin mebel kualitas lokal tetap eksis dan bersemangat walaupun  bahan kayu yang dibutuhkan semakin sulit.

usaha kerajinan kayu , kususnya pembuatan komponen pembentuk rumah masih sangat menguntungkan , apalagi bila kita memasarkan produk-produk itu di kota-kota besar yang sangat sulit ditemukan pengkrajin-pengkrajin  kayu olahan .

ketika bertemu dengan pengkerajin kayu jati kampung dan kayu yang lain  , kusus pembuat pintu jendela dan kusen , dengan cara pemasaran keliling menggunakan contoh katalok gambar , perbulan mampu menjual ratusan pintu hasil karyanya, biasanya pemasarannya di area perumahan perumahan baru, dengan tipe  kelas menengah kebawah . harga per unit  sangat murah dan terjangkau.

itu membuktikan bahwa usaha kecil yang dikelola dengan cara tradisional namun mampu menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit , bisa menjadi contoh bahwa setiap usaha yang bermanfaat untuk orang banyak , pemerintah harus membina dan mambatu mereka agar usaha itu tetap hidup , karena home industri tersebut juga  membatu program pemeintah dalam rangka mengurangi jumlah penduduk berkekurangan di indonesia.


Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 5:09:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×