Kritik dan saran silahkan disini

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER MATI DENGAN MENCUCI MOTHERBOARD

Kerusakan komputer bisa di sebabkan karena debu yang menempel pada mainboard komputer, itu terjadi karena debu yang terkumpul dan menempel pada komponen dalam kondisi lembab, sehingga debu yang lembab dan basah mampu mngantarkan arus listrik, bila itu dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada komponan komputer karena akan terjadi konsleting arus listrik.

beda dengan kerusakan software, kerusakan software mungkin kerusakan yang hanya komputer tidak mau booting windows atau mungkin saja karena terkena virus.

bagi orang awam apabila komputer tidak menampakkan tulisan apapun pada layar monitor , walaupun posisi kipas prosesor  berputar dan indikator lampu power menyala , tidak tahu apa yang harus dilakukan,
memang perbaikan komputer , dari lepas pasang komponen hardware harus hati hati, ,  posisi pemasangan antar hardware harus benar-benar pas , bila miring atau kurang pas dapat menyebabkan kerusakan hardware yang ada, karena dalam hardware terdapat komponen yang sangat kecil dan halus yang mudah sekali rusak karena konsleting dan bila itu dilihat dengan kasat mata kerusakannya kadang tidak terlihat. kecuali bila komponen jelas-jelas terbakar atau ada tanda-tanda yang unik dan memperlihatkan bahwa komponen benar-benar rusak.



 komponen pada hardware komputer

Membersihkan memori komputer
 Yang sering terjadi bila komputer nyala namun tidak dapat booting windows adalah kotornya memori atau ram pada komputer  , cobalah bersihkan memori komputer dengan penghapus.karena kotor pada soket dapat menghambat arus dari memori ke mainboard  ,  gosok kuningan yang kotor sehingga nampak kuning keemasan atau sampai bersih,, kalu tetap tidak nyala coba cari memori lain tau pinjamm keteman tentu saja ddr atau memori yang sama dengan yang ada pada komputer.



membersihkan memori dengan penghapus


Reset Mainboard
bila itu tidak berhasil cobalah dengan reset mainboard dengan cara cabut semua kabel ke cpu, kemudian lepaskan baterai cmos yang ada pada mainboard. dan biarkan dulu beberapa menit sampai arus listrik di mainboard habis.kemudian pasang lagi, dan nyalakan komputer.


baterai cmos

Mencuci minboard
bila komputer tetap mati namun tidak ada tanda fisik komponen yang rusak.
bila tahapan diatas  sudah dilalui namun komputer tetap tidak bisa nyala, spekualasi terakhir yaitu dengan cara di mencuci mainboard sampai bersih , mencuci mainboard sebenarnya tidak hanya untuk memperbaiki , namun juga bisa sebagai maintenan atau perawatan , hal itu  untuk membuat komputer bersih dari debu dan partikel.



langkah-langkah mencuci mainboard 
  1. lepas semua kabel , komponen tambahan, seperti lan ,vga, kabel data, procecor, memori/ ddr
  2. lepas pula baterai cmos
  3. persiapakan air ,sabun,ember besar ,  dan kuas yang halus
  4. setelah setelah selesai ,keringkan dengan mesin pengering rambut,namun jangan gunakan suhu yang panas , karena dapat merusak komponen,  atau jemur diterik matahari ,
  5. jangan mengeringkan dengan angin kompresor ,karena terkadang dalam tabung kopresor  menyimpan air dan munkin saja bercak oli.
 semoga berhasil.


 

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 9:38:00 PM

2 komentar:

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×