Kritik dan saran silahkan disini

PERSIAPAN PENGALAMAN DAN KENANGAN PERJALANAN HAJI GELOMBANG DUA SOC 47

Sejak mendaftarkan haji tahun 2010 yang lalu dan setelah menunggu selama 6 tahun, ahirnya sayapun  melakukan perjalanan haji ketanah suci mekah, penantian yang begitu berharga dan sangat mendebarkan hatipun terlalui begitu cepat.

Sebelum keberangkatan, ada tahapan manasik haji yang harus kami laksanankan, manasik haji sangatlah penting bagi semua orang yang belum pernah melakukan perjalanan haji, karena didalam manasik haji diajarkan bermacam macam cara pelaksanaan ibadah ditanah suci, atau gambaran-gambaran apa saja yang wajib dilakukan dan sunah dilakukan kelak ketika kita melaksanakan ibadah haji. didalam mansik diajarkan doa doa haji, apa saja yang harus kita persiapkan baik peralatan dan persiapan jasmani serta rohani pada saat kita meninggalkan tanah air untuk melaksanankan ibadah haji.

Memantapkan hati dan mempersiapkan semua hal
Perjalanan haji adalah perjalanan jauh  yang tentunya membutuhkan tenaga stamina, sehingga kesehatan tubuh, serta persaipan fisik sangatlah penting untuk melakukan serangkaian ibadah haji ditanah suci, namun jangan kuatir bagi yang sedang sakit atau  kurang sempurna fisiknya karena disana ada fasilitas kusus untuk mereka yang berkebutuhan kusus.
Selain mempersiapkan fisik, kita harus mempersiapkan mental dan spiritual, karena pemantapan hati haruslah dimiliki oleh semua orang yang akan melaksanakan haji, karena dalam melakukan haji segala kemungkinan bisa saja terjadi,  karena haji adalah perjalaan jauh dan memakan waktu yang lumayan lama.
persiakan bekal untuk kita yang berangkat dan tentunya bekal untuk  keluarga yang ditinggal dirumah.

waktu berangkatpun sudah tiba perasaan haru, bersukur, serta was-was bercampur aduk, namun itu semua saya pasrahkan kepada Alloh, didalam setiap doa saya semoga kami semua diberi keselamatan, ahirnya pagi hari jam 3 pagi saya diberangkatkan dari rumah menuju masjid tempat  satu rombongan berkumpul, kemudian diberangkatkan untuk menuju Embarkasi haji

e
Sambutan  pemberangkatan Oleh Dr. H. Mundjirin ES, Sp.OG , Bupati Kab semarang
Setelah di Embarkasi haji solo jam 8 pagi, kamipun diberikan pengarahan, pengarahan oleh petugas haji  mengenai persiapan dan pemantapan, serta pengecekan surat surat, seperti visa dan pasport, setelah istirahat , kamipun berangkat ke bandara dan tepat pukul 04.55 pagi kami diterbangkan menuju tanah suci makah.

Pemantapan dan penegcekan surat-surat dan pemberian saku real
 Pelepasan dan doa bersama di aula embrkasi sebelum naik Bus
 Persiapan didalam pesawat
 Pesiapan lepas landas untuk penerbangan menuju tanah suci, berdoa bersama , matikan hp demi keamanan penerbangan.
Bagi yang belum pernah naik pesawat, tentunya perasaan was-was, dan kekawatiran itu hal yang sangat wajar, namun ketika hati sudah mantap untuk menuju ibadah haji, lepaskan semua kekawatiran dan pasrahkan semua pada Alloh.

Setelah kurang lebih 10 jam penerbangan kami pun sampai di bandara king abdul azis,pukul 14:40 siang waktu Jedah.
 Antri pemeriksaan dokumen pasport dan visa di bandara king abdul azis jedah

Satu persatu kami masuk  melalui petugas, kesabaran dan menjaga fisik adalah modal utama saat berhaji, karena antrian dan prosedure yang harus kita lalui, setelah semua lolos periksaan didalam bandara king abdul azispun kami melkukan niat ihrom dan mengenakan kain ihrom. setelah sarat dan ketentuan sudah kita penuhi di bandara, kitapun menunggu bus yang akan membawa kita ke maktab atau hotel tempat kita menginap, dan menaruh barang sebelum kita melakukan umroh wajib bersama.

perjalanan menuju maktab, menggunakan  bus, dengan penuh kesabaran dan lelah yg tidak kami rasakan  dari jam 1 siang, ahirnya jam 12 malam kita selesai memberesi bekal kita di hotel tempat kita menginap, setelah selesai pukul 12 lebih kita semua di bawa menuju masjidil haram untuk melakukan umroh.