Kritik dan saran silahkan disini

PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI PERUT ANAK ATAU BALITA YANG MENGALAMI KEMBUNG

Perut kembung , ada gejala yang sering di alami oleh balita, karena dalam mengkonsumsi makanan atau minuman karena balita masih mengikuti apa yang diberikan orang tuannya , maka  dalam memberikan makanan atau minuman , sebagai orang tua harus hati-hati dan mewaspadainnya.



pada balita pada saat  perut kembung terjadi , bisanya balita menjadi sulit tidur dan rewel , dan bila perut balita kita tepuk , perut akan berbunyi seperti kendang  .

penyebab  perut kembung pada balita ada beberapa faktor penyebabnya 
  1. Dari makanan , makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh , dikarenakan kondisi perut balita belum siap untuk mencerna makanan berat misalnya , atau kurangnya asupan air dalam proses pencernaan makanan.
  2. Kondisi tubuh balita kurang begitu sehat , sehingga pencernaan terganggu .dan bisa saja terjadi pembengkakkan abnormal dia area perut.
  3. Porsi makanan yang terlalu banyak dan tidak terkontrol dengan benar juga dapat menyebabkan perut kembung.
  4. Pemberian susu formula yang tidak cocok untuk balita, atau mengganti susu yang sudah biasa diberikan pada balita.
  5. Gejala penyakit tertentu di area lambung .misal usus buntu dan lainnya.
Bila anak kita mengalami kembung janganlah panik , karena kasus itu banyak terjadi anak lainnya, pada balita yang masih bayi  untuk mengatasi balita kembung biasakan setelah makan  berdirikan posisi tubuh dengan cara menggendong dan tempelkan ke dada kita beberapa saat agar bayi bersendawa.
yang sering terjadi lagi pada anak yaitu kasus no 4. dimana banyak sekalai orang tua yang tidak menyadari bila susu formula yang diberikan tidak sesui dengan kondisi tubuh anak, karena setiap anak memiliki kondisi tubuh yang berbeda, misal anak orang lain cocok dengan susu tertentu belum tentu dengan anak kita. semakin bagus kandungan gizi dan vitamin yang ada dalam susu formula , kemungkinan besar resiko perut kembung akan terhindari, namun belum tentu demikian karena bisa jadi dengan diberikan susu formula yang menurut sebagian besar orang bagus , namun kondisi perut balita kita tidak menerimanya , dan justru  menyebabkan anak kita menjadi mencret.

untuk menghindari perut kembung anak, untuk anak yang masih bayi , tentu saja air susu ibu, lebih bagus dan maksimal untuk perkembangan tubuh balita kita. 
Bagi anak yang sudah mampu diberi makanan tambahan selain susu ibu  , sayuran , daging , ikan , telur tentu akan menambah gizi yang baik untuk tubuh balita kita, hindarkan memberikan makanan olahan siap saji  dan makanan kecil  yang banyak dijual bebas karena didalam makan tersebut tentu saja banyak kandungan zat yang mungkin tidak bagus untuk ksehatan balita kita.

untuk membantu proses penyembuhan kembung pada balita, pemberian minyak telon pada area perut akan membantu . bila minyak telon tidak ada , parutan bawang merah dicampur sedikit dengan minyak goreng , akan memberikan kehangatan pada perut , dan membantu keluarnya angin pada balita kita.

bila kembung terus berlanjut dan anak rewel , segera memeriksakan ke dokter sepesialis anak , akan lebih disarankan untuk mengantisispasi bila kembung pada perut terjadi karena penyakit tertentu.
 

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 4:08:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×