Kritik dan saran silahkan disini

SOFTWARE APLIKASI KOPERASI, KANTOR, TOKO MINIMARKET GERATIS


hati-hati dengan software aplikasi yang dapat membunuh kita dikemudian hari


Dalam dunia usaha sebuah aplikasi pembukuan berbasis komputer sangat dibutuhkan oleh semua instansi, hal itu untuk memudahkan proses administrasi yang berjalan di suatu kantor atau bidang usaha, 
manajemen dan SOP ( standard operational procedure ) sangatlah di butuhkan oleh setiap lini usaha yang ingin berkembang dan maju.
namun kadang ada sebagian usaha yang tidak mau menggunakan vasilitas itu,  padahal  dalam berkembangnya sebuah usaha,  semakin banyak transaksi pembukuan dan data yang di buat sangatlah beresiko bila hal itu dibuat hanya dengan cara manual, 
dengan cara manual yang sederhana walaupun hal itu dapat dilakukan namun  untuk keamanan data serta terjaminnya keakuratan data yang diolah sangatlah minim ,

 dengan aplikasi atau software pembukuan dan akutansi sebuah usaha lebih mudah untuk bekerja .  tentu saja efisiean  waktu dan pekerjaan lebih optimal ,penyajian Laporan informasi lebih tepat cepat dan akurat

banyaknya software komputer yang disajikan di internet tentu saja banyak membantu kita dalam bekerja, baik software itu diberikan secara free alias geratis ataupun berbayar dan bahkan bajakan.
namun yang perlu dipahami dan dimengerti sebelum kita menggunakan software free dan bajakan , segala hal pasti efek positif dan negatif, konsekwensi pemakaian software-software di atas akan kita pahami bersama sebelum kita menggunakan software aplikasi tersebut.

RESIKO PEMAKAIN SOFTWARE PEMBUKUAN APLIKASI GERATIS DAN BAJAKAN UNTUK USAHA

APLIKASI GERATIS
  1. Sering kita melihat software di berikan secara geratis , namun hal yang perlu di perhatikan , apakah itu benar geratis atau hanya sekedar trial ( uji coba ), siapa yang membuat , dimana alamat sipembuatnya nya, apakah itu full geratis, karena sebagian besar aplikasi yang free menyembuyikan kode-kode tol-tol jebakan dikemudian hari, misal setelah transaksi berapa bulan atau tahun , atau digunakan beberapa ribu transaksi program akan berhenti, ada pembatasan waktu atau pemakaian. kita harus menghubungi si pemberi aplikasi , dan akhirnya karena sudah menggunakan aplikasi itu dengan data yang cukup banyak , pastilah kita akan sulit untuk negoisasi bila kita dikenai biaya untuk pengembangan atau perubahan sistem atau yang lainnya, itu sudah banyak terjadi ,dan itu perlu diketahui oleh semua orang yang ingin hal yang geratis.
  2. Perlu dicermati dan dipertimbangkan untuk sebuah aplikasi sebagai alat bekerja, lebih baik membeli dari pada free atau geratis, karena bila ada masalah kita lebih mudah untuk berkomunikasi .
  3. Dan perlu diketahui lagi , bila usaha itu dalam bidang keuangan , sudah pasti keuntungan dan perputaran uang yang besar, mengapa harus menggunakan aplikasi geratis, dan bila ada masalah dikemudian hari , misal program erorr. dan lain sebagainnya. itu bisa sebagai pertimbangan
  4. sebagai bahan pertimbangan , mengapa ada orang mau memberi dengan geratis program aplikasi secara geratis sedangkan jika beli harganya mahal, dan setiap orang yang membutuhkan program aplikasi komputer sudah pastilah mereka mampu untuk membeli program apalikasi tersebut,  karena meraka pasti membutuhkan akan hal itu.
  5. namun ada juga seorang programer yang baik yang benar-benar memberikan hasil karyanya secara geratis.
  6. apa bila ada programer lokal yang memberikan program dan menempatkan kolom donasi, jangan sungkan untuk berdonasi, karena hal itu akan membantu pula bila ada kerusakan atau erorr dan tentu saja ada yang bertanggung jawab terhadap software , kita juga lebih yakin dengan software yang kita gunakan.karena dalam pembuatan program juga dibutuhkan pemikiran ,tenaga , waktu, dan trail erorr yang tidak sebentar, jadi paling tidak kita menghargai hasil kerja orang lain.
  7. dan tanyakan pada penyedia layanan geratis software , dengan cermat , setiap apa yang ada di software aplikasi , mengenai geratisnya sotware tersebut , bila jawaban benar-benar geratis,dan hasil dari pertanyaan itu cobalah disimpan , biasanya pertanyaan melalui sms, BB atau emai dan lain yang sejenis.  jika dikemudian hari ternyata itu bohong , kita bisa menuntut hak kita dikemudian hari. dengan apa yang kita pertanyakan sebelumnya. 
APLIKASI BAJAKAN 
  1. Aplikasi bajakan , selain merugikan hak dan hasil karya intelektual seseorang , juga beresiko bila usaha yang berjalan  menggunakan aplikasi bajakan sebagai alat untuk bekerja. karena bisa saja yang memiliki aplikasi mengetahui  dan kita bisa dituntut.
  2. Dan resiko yang lebih parah apa bila ada eror ataurusaknya software , siapa yang akan bertanggung jawab.dan bagaimana mengamankan database kita.
sebagai pertimbangan ketika kita ingin mengaplikasikan sebuah software kedalan sistem usaha kita , hendaklah kita lebih cermat dan waspada ,agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan usaha anda dikemudian hari.

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 5:46:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×