Bila ada pertanyaan seputar Pesawat angkut tentara dan peralatan perang TNI pastilah jawabanya pesawat hercules. mengapa demikian. kita tengok sejarah dari pesawat dengan bodibesar dan gemuk ini
Di saat presiden suarno menjabat sebagai presiden RI, negara ini memeiliki peran yang cukup penting di dunia kususnya kawasan asia, kepemimpinan sukarno memang di akui sangatlah hebat dan kuat dari segi pertahanan keamanan dan peraltan perang, indonesia pada jaman itu banyak di supot peralatan perang dari negara-negara maju dalam persenjataan perang , kusunya amirika jerman dan rusia. dintaranya pesawat angkut logistik perang Hercules.
Banyangkan pada jaman itu indonesia sudah memiliki pesawat yang canggih dan kuat bernama hercules, pesawat amerika proto type pesawat YC-130 lahir pada tanggal 23 agustus 1954 kemudia berkembang lagi menjadi tipe B, E, H, J , dan telah dikembangkan sesui dengan kegunaannya. dengan kempuan dan kekuatan yang terkenal pada waktu itu maka indonesia memesan pesawat sejumlah 10 unit, padahal pada waktu itu amirika adalah negara pertama yang megggunakan pesawatbertipe C-130 B, dengan alasan dan geografis dan kondisi indonesia pada saat itu, indonesia banyak dipengaruhi oleh paham komunis, sedangkan amirika sangat bertolak belakang dengan ajaran komunis, dan dengan alasan untuk menaggulangi komunis meraja lela karena kemiskinan sangat mudah terpengaruh oleh komunis, maka amirika menyetujui pesanan indonesia yaitu 10 pesawat, dan ahinya indonesia menjadi negara kedua setelah negara pembuatnya sendiri yang menggunakan hercules sebagai pesawat AURI .
Diantara Angkatan Udara di negara-negara lain, Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) adalah pengguna pertama Pesawat Hercules C-130 B diluar Angkatan Udara Amerika Serikat. Meskipun Angkatan Udara Australia (RAAF) telah lebih dulu menggunakan namun tipenya berbeda, yaitu tipe C-130 A yang telah digunakan pada tahun 1959.
Penerbangan ini dilakukan oleh Mayor Udara S. Tjokroadiredjo (Captain Pilot), dan Kapten Udara Pribadi (C0-pilot), sejauh lebih dari 13.000 miles terbang dari pabrik Locckheed Martin di Amerika dan mendarat dengan selamat di Kemayoran Airport. Penerbangan sejauh itu ditempuh melalui udara lautan Pasifik (Over The pacifik Ocean), pada waktu itu merupakan penerbangan ferry terjauh yang pernah dilakukan oleh Angkatan udara manapun.
Dari 10 Pesawat Hercules C-130 B yang dibeli indonesia, dua diantaranya adalah varian KC-130B/tanker yang mempunyai kemampuan sebagai tangki bensin terbang, mengisi bahan bakar diudara, yang dianggap sebagai suatu loncatan teknologi. Sebenarnya AURI belum memiliki pesawat buru sergab yang memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara. Tetapi para senior, pendahulu AURI telah berpikir lebih jauh kedepan,sehingga pada suatu saat kelak AURI memiliki pesawat buru sergap dengan sistem pengisian bahan bakar di udara. doc.tni-au
dengan demikian kita mampu mencerna, baru 15 tahun kita merdeka namun presiden sukarno telah memberikan gebrakan besar untuk peralatan TNI kita, dan nyatanya sampai saat ini pesawat herkules buatan tahun 50 an itu tetap beroprasi dan masih jalan, lebih 50 tahun umur pesawat masih beroprasi, pertanyaannya , masih jalan karena memang masih layak terbang, atau karena terpaksa karena pemeritahan setelah presiden sukarno jiwa nasionalisnya kurang, yang terlihat dimedia semua penuh dengan berita korupsi , sehingga beli peralatan perang yang barupun rasanya berat, semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment
komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com