Kritik dan saran silahkan disini

CARA MENGATASI MOBIL PANAS DAN MACET KARENA KEHABISAN AIR RADIATOR

Temperatur Mesin mobil panas air radiator mendidih dan habis sehingga  mobil macet sering sekali kita jumpai di perjalanan, baik mobil yang tergolong masih baru atau mobil yang sudah tua,  sedangkan penyebabnya ada beberapa hal diantaranya:

  1. Air habis karena  Lupa mengontrol air radiator sebelum mobil dipanaskan
  2. Kerusakan  pada pompa air radiator ( water pump )
  3. Lubang-lubang pada Radiator tersumbat karena kotoran atau kerak
  4. Penyekat antara oli dan air bocor sehingga air bercampur kedalam mesin
Namun yang sering terjadi karena item nomor satu yaitu lupa mengontrol air sehingga air dalam radiator terlalu sedikit, bila  itu terjadi sirkulasi air yang berfungsi sebagai pendingin tidak berfungsi normal, suhu mesin menjadi terlalu panas dan sisa air yang ada akan cepat menguap dan ahirnya habis sama sekali, karena mendidih dan  menjadi uap,  yang sering kita jumpai radiatorpun bisa meledak, dan parahnya lagi panas yang berlebih menyebabkan komponen mobil yang lainnya menjadi rusak, dan biaya besar karena hal yang sepele harus dilakukan.

Salah kaprah penanganan radiator saat mesin mobil kehabisan air dijalan.

Mesin mobil tidak akan bisa hidup pada saat temperatur melebihi suhu normal, sehingga pada saat kehabisan air dengan otomatis mobil akan mati.dan itu bisa terjadi pada saat putaran mesin tinggi dan  kecepatan tinggi pula, bila itu terjadi perhatikan temperatur suhu mobil, apa bila suhu tidak normal atau temperatur pada posisi heat biasanya bertanda merah jangan hidupkan mesin, karena panas yang tinggi menyebabkan komponen mesin mobil memuai, bila dipaksa untuk dihidupkan bisa menyebabkan beberapa komponen menjadi rusak. dan bila air radiator menguap atau habis jangan sekali-kali mengisi air pada waktu itu juga biarkan mesin menjadi dingin dulu, karena bila suhu dalam keadaan panas dan pemberian air dingin tetap dilakukan  dilakukan  penurunan suhu yang terlalu cepat dapat menyebabkan komponen pendingin mobil seperti radiator dan pompa air menjadi rusak 

cara mengisi air radiator yang habis  diperjalanan 

Bila air habis dan temperatur naik, penambahan airpun tidak boleh sembarangan, karena bila salah kerusakan fatal akan terjadi pada mobil anda, seperti halnya mengisi  gelas yang baru saja di isi air mendidih kemudian air dibuang dan diisi air es atau sebaliknya., pastinya gelas itu akan pecah.
yang perlu dilakukan biarkan mesin mobil dingin dahulu,  kemudian perhatikan temperatur suhu mobil, biasanya untuk melihat temperatur suhu mobil, kunci mobil pada posisi on itu ditandai dengan nyalanya lampu-lampu kontrol mobil pada speedometer.


Bila suhu mobil sudah normal biasanya jarum temperatur pada posisi mendekati C atau ada sebagian mobil ada yang posisi ditengah antara C dan H, kalau tidak terjadi kerusakan pada komponen mesin mobil, biasanya bila suhu sudah kembali normal mesin mobil dapat dihidupkan.

Hidupkan mesin mobil, dalam keadaan mesin hidup kemudian isi air radiator sedikit demi sedikit seperti mengisi air dalam botol dengan lubang yang sangat kecil sampai penuh sesekali injak pedal gas agar air dalam rongga sirkulasi radiator didalam mesin terisi maksimal , tunggu beberap saat dalam keadaan tutup radiator terbuka, lihat apakah air menyembur keluar saat pedal gas di injak atau sirkulasi lancar, bila sirkulasi lancar air akan terlihat mengalir dalam tabung radiator dan temperatur udara tetap dingin , bila air tidak terlihat bergerak atau justru menyembur keluar berarti ada masalah pada pendingin mobil dan biasanya disertai shu pada temperatur mobil naik drastis, segera bawa mobil ke bengkel,

Penyebab air radiator menyembur keluar dan mesin panas

penyebab air dalam radiator menyembur keluar belum tetntu rusak pada pompa air didalam radiator atau sekat antara oli dan air bocor, bisa terjadi karena kisi-kisi pada radiator tersumbat atau kipas pendingin radiator mati.

Untuk mengatasi radiator yang tersumbat karena kotoran dan kerak-kerak bawa mobil ke bengkel  radiator, untuk dibongkar dan dibersihkan, radiator yang tersumbat biasanya pada mobil yang sudah berumur tua

    
Antisipasi mobil macet karena suhu mobil terlalu panas.
  1. Kontrol air radiator sebelum mesin mobil dinyalakan
  2. Sering-seringlah lihat panel kontrol pada seepedometer bila suhu mobil naik tidak normal segera berhenti dan dinginkan mesin, itu terjadi pada saat jalan macet, putaran mesin mobil terlalu tinggi karena beban AC namun sirkulasi aingin kedalam ruang mesin kurang, untuk itu selalu perhatikan temperatur suhu mobil dijalanan yang sedang macet. 
Penyebab  air radiator habis
  1. Radiator atau selang radiator bocor 
  2. Tutup radiator kurang rapat atau karet yang terdapat pada tutp sudah rusak dan tidak layak pakai, sehingga air keluar sedikit demi sedikit melalui sela-sela tutup radiator
 semoga bermanfaat, hati-hati dijalan dan jangan sampia kehabiasan air pada radiator mobil anda.

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 6:27:00 AM

7 komentar:

  1. Mohon info saya punya mobil ertiga th 2015 di bilang mash baru tp ada masalah di radiator,setiap kali kendaraan habis di pakai air radiator berkurang n cadangan penuh,,n stiap pagi saya selalu isi radiator lewat cadangan td.mohon info mungkin ada yg tau kerusakan pada apa,,,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk air cadangan tidak diperbolehkan terisi penuh,karena untuk sirkulasi angin, ada ukuran di tangki cadangan pak, kalau air radiator habis sendiri , cek mungkin ada kebocoran, untuk melihat detail kebocoran bisa dibawa ke bengkel resminya, atau bisa juga dikarenakan perpak mesin bocor, atau siliderkop bermasalah, sehingga air masuk kedalam mesin, coba saat mengganti oli dilihat dengan sekasama apakah ada campuran air dalam oli tersebut.

      Delete
    2. saya mau tanya,kl misalkan ditabung cadangan airnya seperti mendidih trus air coolentnya kluar itu knp Y..karena mobil mazda saya kmrn" ngeluarin air radiatornya seperti itu,setelah dicek extra fannya ga jl karena sikringnya kendor..kl seperti itu bsa merusak ga Y..

      Delete
  2. Saya punya mobil grand civic lx tahun 90 , air radiator ga ke cek saya pake tiba tiba mobil saya mogok lalu di nyalain lagi begitu saya mau over gigi ke 1 pas jalan lalu over ke gigi 2 jalan nya ga normal kaya yg mau habis bensin jalan nya mmohon info nya biar mobil saya jalan normal lagi terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tersendat sendat bisa disebabkan oleh karburator yang tidak baik, kotor atau jalur bensin yang tersumbat menyebabkan pengapian yang tidak lancar, atau ada busi yang mati.periksakan ke bengkel saja gan.

      Delete
  3. misi gan mau tanya,bulan kmrn saya baru ganti radiator karena radiator saya sebelumnya sdh banyak tambalannya..tapi selang sebulan knp Y air radiator saya suka kluarin airnya dr tabung cadangan dan berujung mesin temperaturnya suka panas,dan setelah saya cek sikring untuk extra fannya kendor sehingga membuat kipasnya mati satu....kl seperti itu apakah ada yg membuat mesin rusak at harus ada yg diganti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau isi air radiator di cadangan jangan terlalu penuh gan, ada ukurannya, kalau penuh malah kebuang , ada beberapa faktor yang menyebabkan air menyembur keluar , baik melalui selang yang menuju tabung cadangan, atau cobalah nyalakan mobil sambil dibuka tutup radiatornya, kemudian gas di naikkan , coba lihatlah saat mesin berputar kencang apakah air dalam radiator seperti mengalir didalam radiator,kalau demikian berarti kondisi radiar masih baik, tapi bila terlihat berhenti atau bahkan menyembur keluar melalui lobang pengisian bisa disebabkan lubang-lubang air didalam pendingin radiator tersumbat atau water pump mobil anda sudah rusak dan harus diganti.. ingat kerusakan pendingin mesin mobil bisa menyebabkan kerusakan parah pada mesin mobil.

      untuk kasus kipas radiator mati , biasanya akan terlihat jelas pada temperature mobil pada saat mobil berhenti. atau jalan sedang macet,kalau mobil jalan tidak begitu terasa, karena fungsi kipas adalah mensuplai angin didalam ruang mesin mesin kususnya radiator.
      kalau jalanan sedang macet perhatikan temperatur mesin, bila temperatur naik, segeralah matikan AC mobil,karena AC mobil menaikkan stasioner dan putaran mesin, bila tetap naik mendekati batas normal yang tertera di temperatur segeralah menepi dan matikan mesin, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah

      Delete

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×